Sifat sejarah

Sifat sejarah – Hallo pengunjung setia kami, pada kesempatan sharing pelajaran kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan yang berjudul Sifat sejarah. Tentunya jawaban yang diberikan nanti akan sangat membantu kamu untuk menjawab soal dan membantu proses belajar.

Semoga saja isi postingan materi pelajaran yang dibagikan ini bisa kamu pahami. Jika masih ada keraguan atau bahkan kesulitan tentang pertanyaan dan jawaban tersebut, jangan ragu untuk bertanya di halaman diskusi yaa, secepatnya akan saya balas pertanyaanmu.

Sifat sejarah

Pertanyaan:
Sifat sejarah?

Jawaban:
Sebagai ilmu, sejarah memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat Ilmu Sejarah tersebut menurut sejarawan bernama Kuntowijoyo ada lima yakni fakta, diakronis, ideografis, unik serta empiris. Berikut adalah penjelasan masing masing sifat ilmu sejarah ini.

– FAKTA. Bahwa Ilmu Sejarah adalah sebuah fakta bukan rekaan.
– DIAKRONIS. Maksudnya bahwa sejarah memanjang dalam waktu dalam arti peristiwa yang satu berhubungan dengan peristiwa lainnya.
– IDEOGRAFIS. Maksudnya bahwa sejarah senantiasa menceritakan, menggambarkan dan memaparkan sesuatu.
– UNIK. Bermakna bahwa peristiwa sejarah tidak bisa berulang sampai kapanpun karena hanya terjadi sekali saja. Meski sebuah peristiwa yang sama berulang namun waktu dan pelakunya tentu berbeda.
– EMPIRIS. Bermakna bahwa sejarah itu bersandar pada pengalaman manusia. Pengalaman ini merupakan hal yang benar-benar terjadi baik itu yang sifatnya indrawi atau pun batiniyah.

PENUTUP

Demikianlah Jawaban dari pertanyaan Sifat sejarah. Dan sekian artikel tentang soal dan jawaban kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua yang sedang membutuhkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Sampai jumpa di soal berikutnya, terima kasih telah berkunjung ke website ini yaa.

Pertanyaan Terkait :