Perlawanan rakyat sulawesi masa perjuangan

Perlawanan rakyat sulawesi masa perjuangan – Hallo pengunjung setia kami, pada kesempatan sharing pelajaran kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan yang berjudul Perlawanan rakyat sulawesi masa perjuangan. Tentunya jawaban yang diberikan nanti akan sangat membantu kamu untuk menjawab soal dan membantu proses belajar.

Semoga saja isi postingan materi pelajaran yang dibagikan ini bisa kamu pahami. Jika masih ada keraguan atau bahkan kesulitan tentang pertanyaan dan jawaban tersebut, jangan ragu untuk bertanya di halaman diskusi yaa, secepatnya akan saya balas pertanyaanmu.

Perlawanan rakyat sulawesi masa perjuangan

Pertanyaan:
Perlawanan rakyat sulawesi masa perjuangan?

Jawaban:
Berikut ringkasan perjuangannya :

Perlawanan ini mulanya disebabkan karena hanya Kerajaan Gowa yang hanya mau mengakui kekuasaan Belanda, sedangkan Kerajaan Soppeng serta Wajo tidak. Kurang diterimanya Belanda membuat Belanda menyerang Tanette dengan Kerajaan Suppa dan berhasil menguasainya. Hal ini menyebabkan perlawanan dari masyarakat Bone itu sendiri.

Akibat perlawanan dari rakyat Sulawesi Selatan, kedudukan Belanda di Makassar makin lemah, serta kemudian mendapat bantuan pasukan dari pemerintah kolonial Belanda, dimana dipimpin van Geen. 5 Februari 1825, van Geen menyerang sebuah pusat – pusat pertahanan pasukan Bone.

Pertempuran terus berkobar serta pasukan Bone bertahan mati – matian, tetapi kalah dalam persenjataan membuat benteng Bone bisa dikuasai oleh Belanda. Jatuhnya Bone membuat perlawanan rakyat makin melemah, namun disamping itu pertempuran – pertempuran kecil masih terus berlangsung hingga awal abad ke-20 tersebut.

PENUTUP

Demikianlah Jawaban dari pertanyaan Perlawanan rakyat sulawesi masa perjuangan. Dan sekian artikel tentang soal dan jawaban kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua yang sedang membutuhkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Sampai jumpa di soal berikutnya, terima kasih telah berkunjung ke website ini yaa.

Pertanyaan Terkait :